Intip 6 Kegiatan Asyik Saat Ngabuburit Selama Pandemi

 

Ilustrasi: Mardiana

Bulan puasa sangat erat kaitannya dengan aktivitas sore hari menjelang berbuka puasa atau lebih dikenal dengan istitah “Ngabuburit”. Namun semenjak pandemi nampaknya ngabuburit akan terasa sedikit berbeda bahkan informasi terbaru pemerintah bakal melarang aktivitas mudik tahun 2021 ini. 


Baca juga: Gagal Mudik Bikin Homesick


Tahu sendiri kan kalau ngabuburit identik sebagai suatu kegiatan yang dilakukan masyarakat muslim menjelang waktu buka puasa? Tapi jangan khawatir, meskipun ngabuburit tahun ini terasa sedikit berbeda, kita tetap bisa ngabuburit kok ditengah pandemi!


Yuk, simak beberapa aktivitas berikut yang dapat kamu lakukan saat ngabuburit ditengah pandemi:

 

1. Olahraga Ringan

Loh, bukannya metabolisme dan tubuh kita lelah saat berpuasa? Jangan salah, olahraga justru membuat badan kamu lebih bersemangat dan sehat lho. Tapi dengan catatan, lakukan olahraga ringan saat menjelang waktu berbuka ya karena memang olahraga berat sangat tidak dianjurkan ketika sedang ibadah puasa. 

 

2. Menonton Film 

Menonton film menjelang berbuka puasa bisa jadi alternatif terbaik kamu nih. Pilihlah tontonan yang menghibur dan menyenangkan, bisa dari televisi, Youtube, atau Netflix sekalipun!

 

3. Baca Buku

Selain dapat memperkaya ilmu dan pengetahuan baru, bagi sebagian orang membaca buku merupakan aktivitas menarik yang bisa dilakukan selama menjalankan ibadah puasa dalam satu hari. Apalagi saat ini sudah tersedia buku digital atau e-book yang lebih mudah untuk diakses.

 

4. Tadarusan

Disamping membaca buku, ada opsi lain lho yang bisa kamu lakukan sembari menunggu berbuka, yaitu tadarusan! Umumnya selain menjalankan ibadah puasa sebulan penuh, umat Islam juga melengkapi ibadah berpuasa dengan mengkhatamkan Al-Quran. Ngabuburit dengan tadarusan bisa kamu lakukan setiap hari dalam satu juz nya, sehingga jika konsisten kamu bisa khatam 30 juz dalam 30 hari. 

 

5. Berkebun

Semenjak pandemi, banyak orang yang menemukan hobi baru salah satunya dengan berkebun tanaman. Kegiatan yang satu ini jadi salah satu hal yang harus kamu lakukan ketika ngabuburit di sore hari. Asyik kan?

 

6. Video Call dengan Keluarga

Karena pemerintah telah melarang mudik tahun 2021 ini, mungkin bagi kamu yang belum sempat kembali ke kampung halaman dari awal Ramadhan hanya dapat saling menyapa keluarga melalui internet video call. Tentu tidak mengapa, lagi pula demi kebaikan bersama, bukan? Video call dengan keluarga ini dapat kamu lakukan sembari mengisi waktu luang menunggu adzan berbuka tiba. 

 

Nah, itu dia 6 aktivitas yang dapat kamu lakukan saat ngabuburit selama pandemi. Jika kamu memiliki rencana lain selama menunggu waktu berbuka puasa, silakan tulis di kolom komentar dibawah ya!

Post a Comment

0 Comments