Cari Tahu Kalori pada Kue Lebaran Yuk!

Cari tahu kalori pada kue lebaran!
Ini dia kalori beberapa kue lebaran yang ada di meja ruang tamu. Ilustrasi: Fatwa Jaka S.

Kue dan lebaran adalah satu kesatuan. Dari jaman nenek buyut dulu, kita memang sudah merayakan lebaran dengan banyaknya kue di rumah. Kue nya pun bermacam-macam, mulai dari jajanan tradisional hingga yang kekinian.

Banyaknya kue yang tersedia itu bisa membuat kita sedang menjaga konsistensi berat badan jadi mudah tergoda. Tak jarang kemudian lupa diri hingga memakan seisi jajanan yang ada di meja ruang tamu.

Parahnya, godaan ini tak berhenti di ruang tamu sendiri, ia bagai jin yang selalu ada di setiap ruang tamu rumah. Saat berkunjung silaturahmi, selalu ada jajanan yang membuat kita penasaran. Kita seperti dipaksa untuk mencobanya. Kronologinya pun pasti mirip-mirip, awalnya nyicip, lalu kebablasan dan kalap karena enak. Sialnya, jajanan lebaran seperti punya magnet. Kita akan sulit berhenti sebelum kue nya benar-benar habis.

Padahal, kalori beberapa kue lebaran setara dengan sepiring nasi. Namun belum banyak yang tahu dan akhirnya meremehkan  “Alah, kan cuma jajanan!”. Hal ini tentu bisa merusak ekspektasi kita untuk menjaga berat badan yang ideal selama libur lebaran.

Nah sebelum kita menyesal, ada baiknya untuk menghitung kalori pada beberapa jenis jajanan yang ada di meja ruang tamu.

Nastar

Nastar jadi salah satu kue yang sangat populer saat lebaran. Kue ini hampir ada disetiap rumah. Beberapa perusahaan bahkan menjadikan nastar sebagai salah satu tunjangan (THR) bagi karyawannya. Jadi tak heran, kue ini berkoalisi dengan rakyat.

Dibuat dengan bahan baku dasar tepung dan isian nanas, nastar ternyata punya kandungan kalori yang sangat tinggi. Setiap 50 gram alias 10 buah kue nastar mengandung 512 Kkal atau setara dengan dua porsi nasi ayam goreng.

Untuk membakar kalori tersebut, kita harus berjalan cepat selama 1,5 jam atau lari cepat selama 45 menit. Duh, keburu males dan frustasi.

Putri Salju

Sesuai namanya, kue ini punya penampakan imut nan lucu. Putri salju umumnya berbentuk bulan sabit yang diselimuti oleh gula putih yang halus. Membuatnya nampak seperti salju. Mungkin karena alasan ini pula namanyai kue putri salju.

Nah dibalik penampilannya yang menggemaskan, putri salju ternyata punya kandungan kalori yang tinggi. Umumnya, putri salju punya berat 6 gram perbuah dengan kalori rata-rata 22,5 kkal. Jika makan 10 buah, kita sudah menghimpun 225 Kkal atau setara dengan satu piring nasi.

Kue Keju alias Kastengels

Yang suka keju pasti tidak pernah ketinggalan kastengel saat lebaran. Jika sudah melihat jajanan keju, seperti lupa diri dan tak terasa sekali duduk sudah menghabiskan banyak kue keju. Apalagi, konon kastengel kue keju lainnya menjadi lebih nikmat saat dibuat dengan mentega merek tertentu. Wah, pasti jadi lebih menggoda.

Satu buah kastengel dengan ukuran 5 gram mengandung 21 Kkal. Jika memakan 10 kastengel dalam sehari, kita sudah membantu proses penggemukan karena menimbun kalori jahat sebanyak 210 KKal.

Peyek Kacang

Peyek kacang adalah salah satu jajanan khas lebaran yang biasa ada di kampung. Proses pembuatannya yang mudah membuat peyek sangat populer dan hampir ada di setiap meja ruang tamu.

Olahan tepung dicampur kacang ini memang umum dijadikan teman makan, tapi juga tidak menutup kemungkinan jika dijadikan cemilan lebaran. Walaupun bahan bakunya mirip-mirip seperti dua kue lebaran diatas, tapi satu hal yang membedakan adalah minyak penggorengnya. Karena di goreng lah, peyek harus jadi salah satu jajanan yang kita waspadai.

Peyek kacang ukuran sedang umumnya mengandung 44 Kkal. Banyak kan? Jadi jika kita makan 10 peyek kacang saja paling tidak kita sudah menimbun 440 kalori. Hadeh.. gini amat ya?

Kue Coklat

Coklat juga jadi salah satu olahan yang sangat sering kita temui saat lebaran. Biasanya, coklat jadi salah satu bahan baku berbagai jajanan termasuk salah satunya kue kering. Jumlah kalori  pada olahan coklat bisa berbeda-beda tergantung dari takaran gula yang digunakan. Namun, umumnya kue coklat kering dengan berat 20 gram mengandung 131 KKal.

Ingat kontrol kalori yang masuk dan lakukan olahraga saat surplus kalori agar berat badan tetap ideal selama libur lebaran.

Post a Comment

0 Comments