5 Kampus Ini Punya Jurusan Ilmu Komunikasi Terbaik di Indonesia

Sumber foto: fikom.unpad.ac.id

Jurusan Ilmu Komunikasi merupakan salah satu jurusan yang paling banyak diminati setiap tahunnya di kampus manapun yang ada di Indonesia, sehingga untuk menempati satu kursi di jurusan ini kamu perlu usaha yang keras.

Nah, buat kamu yang sedang berjuang atau ingin melanjutkan studi dalam bidang Ilmu Komunikasi, berikut 5 kampus di Indonesia yang punya jurusan Ilmu Komunikasi terbaik lho! Yuk, simak ulasannya

   1. Universitas Padjadjaran

Berbeda dari universitas pada umumnya yang menjadikan program studi ilmu komunikasi sebagai bagian dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Universitas Padjadjaran memiliki fakultas ilmu komunikasi tersendiri lho yang dinamai Fakultas Ilmu Komunikasi. 

Terdapat 6 jurusan S1 di FIKOM ini, yaitu Ilmu Komunikasi, Hubungan Masyarakat, Jurnalistik, Televisi dan Film, Manajemen Komunikasi, dan Ilmu Perpustakaan. Selain itu juga terdapat D-4 dengan jurusan Manajemen Produksi Media. 

Dengan banyaknya jurusan yang berkonsentrasi Ilmu Komunikasi di Unpad, membuat Unpad pernah mendapatkan sekolah komunikasi terbaik lho. Keren kan?

   2. Universitas Gadjah Mada

Siapa yang nggak mengenal kampus yang satu ini. Universitas Gadjah Mada (UGM) terletak di Bulaksumur, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kampus UGM yang memiliki total 18 fakultas S1 ini ternyata ada jurusan ilmu komunikasi juga lho!

Gak nanggung, UGM memiliki jenjang S1-S3 untuk jurusan Ilmu Komunikasi nya yang keseluruhan berakreditasi A.

   3. Universitas Indonesia

Kampus yang dikenal dengan jakun atau jaket kuning ini memiliki reputasi yang sangat baik dalam dunia pendidikan. Jurusan-jurusan yang ada di UI juga punya kredibilitas tinggi nih yang siap jadi pilihan kamu untuk melanjutkan studi. 

Contohnya, jurusan Ilmu Komunikasinya yang pada tahun 2021 ini berhasil masuk dalam peringkat 501-600 terbaik versi THE WUR 2021. Harus jadi pertimbangan penting kamu nih!

Namun, kamu harus siap untuk bersaing dengan yang lainnya ya. Pasalnya, keketatan Program Studi Ilmu Komunikasi di UI sangat tinggi, yaitu 1:125 pada SBMPTN 2020. Artinya, kamu harus siap bersaing dengan 125 orang lainnya untuk mendapatkan 1 kursi di jurusan Ilmu Komunikasi UI.

   4.  Universitas Bina Nusantara

Selain terkenal dengan kampusnya para selebriti, Bina Nusantara (Binus) juga terkenal dengan reputasi kampusnya yang sangat baik lho. Pada tahun 2021 ini, Binus berhasil meraih predikat sebagai kampus Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terbaik urutan pertama di Indonesia. 

Bahkan Binus juga merupakan satu-satunya PTS mewakili Indonesia yang berhasil masuk sebagai universitas terbaik dunia versi QS Word Rankings 2021. 

Jurusan Ilmu Komunikasi di Binus juga gak kalah baik reputasinya, karena sudah mendapatkan gelar akreditasi A nih.  

   5.   London School of Public Relations

London School of Public Relations (LSPR) didirikan pada tahun 1992 oleh praktisi humas terkemuka Indonesia, yaitu Prita Kemal Gani. Meskipun terbilang baru didirikan, kampus LSPR ini sudah banyak melahirkan alumni-alumni hebat lho. 

Kampus LSPR fokus pada bidang keilmuan Ilmu Komunikasi yang dipadukan dengan bisnis, sehingga patut jadi pilihan kamu untuk lanjut studi nih!

Itulah 5 kampus yang punya jurusan Ilmu Komunikasi terbaik di Indonesia. Semoga bisa membantu kamu dalam memilih kampus dan jurusan impian kamu ya!

Post a Comment

0 Comments