Mengatasi Homesick Saat Gagal Mudik

Homesick erat sekali dengan perantau seperti pelajar dan pekerja luar. Foto: startschoolnow.com

Idul Fitri 1442 H adalah lebaran dalam masa pandemi kedua yang kita alami setelah Covid-19 menginvasi sejak Desember 2019 lalu. Lagi-lagi kita tertahan, tak bisa mudik dan lebaran bersama keluarga besar. Keadaan yang sungguh sangat memilukan.

Melalui Surat Edaran Kepala Satgas Penanganan COVID-19 No. 13 Tahun 2021, Pemerintah resmi mengeluarkan kebijakan larangan mudik untuk lebaran 2021 atau Idul Fitri 1442 H. Kebijakan ini diambil sebagai upaya untuk menekan angka penyebaran virus Corona seperti lebaran tahun lalu.

Kebijakan ini tentu membuat beberapa orang cemas sekaligus stress, pasalnya, lebaran tahun ini adalah kali kedua tidak bisa menikmati momentum berkumpul bersama keluarga besar saat lebaran. Hal ini tentu menimbulkan rasa kesepian, kehilangan dan homesick. Bahkan, jika tidak di atasi dengan baik, keadaan ini bisa mengganggu kesehatan mental kita karena makin stress.

Nah untuk mengatasi kangen rumah saat gagal mudik, kamu bisa coba beberapa cara ini agar tidak merasa kesepian.

Vidio Call Orang Rumah

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah bertukar kabar dengan kerabat di rumah. Tak dapat dipungkiri, mengetahui keadaan dan kabar dari orang rumah merupakan ritual melepas rindu yang membuat kamu semakin mudah menerima keadaan.

Jadi kamu harus menyiapkan kuota internet sebanyak-banyaknya agar bisa video call bersama keluarga. Ingat, walaupun tak bisa berkumpul, bertatap muka secara daring masih bisa dilakukan.

Cari Aktivitas Baru

Melakukan aktivitas dan kegiatan baru terbukti bisa mengurangi perasaan rindu rumah yang dialami. Kamu bisa membuat daftar kegiatan yang ingin kamu lakukan selama libur lebaran diluar kegiatan yang biasa kamu lakukan. Kegiatan baru ini bisa membantu mengusir emosi-emosi negatif dan mengalihkannya dengan hal-hal positif.

Kamu juga bisa mulai mengasah keterampilan-keterampilan yang dulu pernah ditekuni seperti bermain musik, melukis, menyanyi, dan lain sebagainya.

Kunjungi Tempat Menarik di Tanah Rantau

Jika ada waktu luang, kamu bisa mengunjungi destinasi-destinasi yang menarik di tanah rantau. Mulai dari pantai, bukit, gunung, bahkan monument iconic yang ada di daerah tersebut. Hal ini bisa membantumu melupakan sejenak rindunya kampung halaman.

Apalagi pemerintah sudah membuka destinasi pariwisata di setiap daerah dengan memperhatikan protokol kesehatan yang ada. Jadi kamu bisa lebih leluasa untuk menjelajah destinasi yang belum pernah kamu kunjungi sebelumnya. Kamu juga bisa mengajak teman agar petualanganmu terasa lebih menyenangkan.

Memasak Makanan Khas Kampung Halaman

Momentum lebaran umumnya selalu di dengan makanan khas daerah. Jika tak bisa mudik, kamu bisa memasak makanan khas tradisional dari daerahmu untuk mengobati rasa rindu. Cari salah satu makanan yang mudah dibuat dan bahannya mudah di dapat.

Kamu juga bisa berbagi kepada teman-teman di tanah rantau yang bernasib sama sehingga kebersamaan yang tercipta lebih bermakna.

Memelihara Hewan

Memelihara hewan bisa jadi salah satu cara agar kamu tak merasa kesepian karena kangen rumah. Hewan peliharaan bisa mengisi kekosongan yang ada saat kamu merasa sendiri. Selain itu beberapa ahli juga mengatakan bahwa hewan periharaan bisa membantu kita agar terhindar dari gejala depresi, rasa cemas, dan juga stress.

Kamu bisa memilih hewan yang benar-benar kamu suka seperti kucing, anjing, burung dan lain sebagainya. Namun ingat, memelihara hewan juga bukan hal yang mudah, jadi pastikan untuk mempelajari bagaimana merawat hewan terlebih dahulu agar tidak ada kendala kedepannya.

Post a Comment

0 Comments