Twitter Keluarkan Fitur untuk Minimalisir Hoaks

Twitter keluarkan fitur untuk minimalisir hoaks. Ilustrasi: Fatwa Jaka S.

Baru-baru ini, Twitter meluncurkan fitur baru untuk mengurangi dan meminimalisir informasi palsu yang marak ditemui. Fitur ini berupa pelabelan twit yang bisa memperingatkan pengguna terhadap twit yang punya indikasi sebagai hoaks. Fitur ini disinyalir mampu mendeteksi informasi yang diragukan kebenarannya ataupun berita dan informasi palsu yang ada di Twitter.

Dilansir melalui Tirto.id, peneliti Jane Manchum Wong menyebutkan bahwa Twitter akan memberikan tiga label peringatan berdasarkan konten twit. Berikut adalah ketiga label yang dimaksud:

Get The Latest

Label ini akan ditempelkan pada topik berita yang berkembang dengan sangat cepet seperti pemilihan umum ataupun pemungutan suara. Label ini akan memberikan rekomendasi kepada pengguna mengenai berita-berita terbaru dengan sumber terpercaya.

Stay Informed

Label ini akan ditempelkan atau diaplikasikan pada topik berita yang sedang viral ataupun berita yang memiliki isu berkelanjutan.

Misleading

Label ini akan ditempelkan pada twet yang berisi klam dan belum dipastikan kebenarannya. Pada tahap ini, Twitter kemudian akan memberikan beberapa link alternatif yang berisi berita terpercaya dengan topik yang sama.

Ketiga lebel ini dipercaya mampu mengurangi adanya hoaks dan informasi yang diragukan kebenarannya. Namun, belum diketahui kapan fitur ini akan rilis secara resmi. Dilansir melalui Gizmodo, fitur ini masih dalam tahap uji coba.

Post a Comment

0 Comments