Derawan, Pulau Menawan di Kalimantan

Derawan, Pulau Menawan di Kalimantan
Pulau Derawan, salah satu destinasi yang harus jadi travel list kamu. Foto: superadventure.co.id

Pulau Derawan menjadi salah satu destinasi bahari populer di Kalimantan Timur karena pesona alamnya. Derawan, pulau begitu eksotis dengan taman bawah laut memukau yang menarik di eksplor saat liburan.

Bagi anda yang hobi travelling terutama dalam hal snorkeling, destinasi pulau derawan jangan sampai anda lewatkan. Di pulau yang menawan ini anda bisa menikmati wisata bahari yang memukau dengan gugusan pulau yang menyimpan keindahan didalamnya serta berbagai macama biota laut yang unik dan langka, seperti penyu sisik, penyu hijau, ikan pari manta, ubur-ubur tawan dan beberapa jeis biota lainnya. Dengan keindahan alamnya yang masih perawan, orang-orang menjulukinya sebagai surga tersembunyi di Kalimantan.

Tidak berhenti sampai disitu saja, Pulau derawan masih memiliki beberapa daya tarik lain diantaranya yaitu kejernihan dan keindahan warna gradasi air lautnya, pasir putih yang lembut, hutan bakau yang memukau, penginapan yang nyaman, dan makanan yang khas. 

Ketika berada di Pulau yang ada di Kabupaten Berau ini, Anda dapat melihat padang lamun luas yang banyak tumbuh di sekitar pantai, misalnya Halophila Ovalis dan Thalassia hemprichii. Selain dua spesies lamun tersebut, masih ada empat spesies lamun lainnya yang berada di sekeliling pulau seperti Halodule Uninervis, Cymodocea Rotundata, Halodule Pinifolia, dan Syringodium Isoetifolium.

Beberapa Kegiatan yang Menyenangkan di Pulau Derawan

Ketika anda berada di pulau eksotis ini anda dapat melakukan beberapa hal yang menyenangkan, diantaranya yang pertama adalah menyelam bersama ikan pari manta. Ikan pari manta merupakan jenis ikan pari raksasa yang hanya bisa anda temukan di beberapa perairan saja loh guys.

Selanjutnya, selain dapat menyelam dengan ikan pari manta anda dapat menikmati keseruan berenang bersama ubur-ubur. Tak perlu khawatir untuk tersengat ketika anda ingin berenang untuk mengabadikan momen, karena ubur-ubur yang ada di Pulau Derawan adalah ubur-ubur tawar yang tidak akan menyengat. Aktivitas seru selanjutnya yang dapat anda lakukan adalah berkunjung ke tempat konservasi penangkaran penyu.

Pulau Derawan punya banyak spot menarik. Foto: superadventure.co.id

Di tempat konservasi penyu ini, Anda bisa mendapatkan pengalaman yang baru dan seru, seperti melihat penyu bertelur dan melepaskan anak penyu/tukik ke laut. Dan aktivitas yang tidak boleh anda lewatkan adalah berkunjung ke Labuan Cermin. Labuan cermin adalah sebuah danau yang memiliki air yang begitu jernih bagaikan cermin bahkan dasarnya dapat terlihat dengan jelas.

Danau ini memiliki keunikan dua jenis air yang berbeda, yaitu dibagian permukaan air danau merupakan air asin, sedangkan dasar danau merupakan air tawar. Maka tak heran, kebenayakan orang menjuliki danau ini danau dua rasa.

Berbagai Penginapan yang Recommended

Berbicara menegnai penginapan dan santapan khas di Pulau derawan beragam yang ditawarkan. Dianatara penginapan yang ditawarka adalah Derawan Dive Lodge. Penginapan ini memiliki desain yang unik yaitu bangunan apung yang terbuat dari kayu dengan suguhan air laut yang jernih.

Yang kedua adalah Derawan Dive Resort, selain mempunyai pemandangan yang menakjubkan, penginapan ini begitu strategis yaitu dekat dengan dermaga dan berhadapan langsung dengan spot snorkeling. Yang ketiga adalah Maratua Pratasaba Resort. Jika anda menginap disini anda akan disapa sunrise yang menarik di pag hari.

Santapan Khas Bahari di Pulau Derawan      

Pulau Derawan yang melimpah akan beragam jenis biota lautnya, tentunya memiliki makanan yang khas untuk wajib anda cicipi. Diantara salah satu makanan khas derawan yang wajib anda rasakan adalah Tehe-Tehe. Tehe-Tehe adalah makanan khas derawan yang terbuat dari bulu babi, dicampur dengan ketan, kelapa, daun pandan dan gula putih. Soal lezatnya rasa, jangan ditanya guys!!! Mantap abis pokoknya!!! Ku do’akan semoga anda bisa segera berkunjung ke pulau yang menawan ini.

Post a Comment

0 Comments